Pengaduan Masuk

Nomor Media Tanggal Aduan Isi Aduan Tanggapan
P-14-0000000368Web10-Apr-2014
pengelolaan dana pnpm d desa kawunggirang blok selasa kabupaten majalngka jawabarat kadang kurang tepat sasaran banyak d pergunakan hanya untuk kebutuhan pribadi dan keluarga terdekat si pengelola dana pnpm, jarangnya ada sosialisasi kepada warga sekitar, sangat sulit jika yg mengajukaan d luar keluarg s pemegang dana, padahal banyak sekali yg membutuhkan dana, salah satu conto kasus pembangunan wc umum d bangun d belakang rumah s pengelola dana padahal tempat tersebut jauh dari pemulkiman . conto kasus bantuan untuk pembangunan rumah tidak tepat sasaran lebih mendahulukan keluarga kerabat si pengelola dan saja kadang tidak mengabaikan warga yg lebih butuh dan rumah siap ambruk, tidak ada transparasi dana. sya mohaon pihak pusat survai langsung ke lapangan dan melakukan penelitian langsung ke lapangan dan terjun langsung ke lapangan serta menindak tegas, kami warga masih sangat kecewa bukan merasa terbantu.
14-04-2014: perlu kami sampaikan bahwa Desa Kawunggirang (Kec Majalengka) termasuk wilayah kegiatan PNPM Perkotaan (tidak termasuk wilayah program PNPM Perdesaan) untuk itu kami akan meneruskan kepada pihak fasilitator terkait. terimakasih atas informasinya
P-14-0000000359SMS07-Apr-2014
Dari Tpk di karang jaya melapor.PJOK kabupaten muratara sumsel dengan nama zazili sos telah meminta uang kepada Tpk di kecamatan karang jaya kabupaten muratara sebesar 3 juta rupiah perdesa pada bulan pebruari saat pencairan uang pisik.mohon di beri sangsi atas korupsi tersebut uratara sebesar 3 juta rupiah perdesa pada bulan pebruari saat pencairan uang pisik.mohon di beri sangsi atas korupsi tersebut
10-04-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000358
P-14-0000000351SMS05-Apr-2014
selamat pagi,mau lapor ada kepala Desa Yang kerja sendiri PNPM di Desa Lorotolus kecamatan wewiku kabupaten malaka.atas nama masyarakat lorotolus.mohon segra di klarifikasi persoalan ini.
12-04-2014: Selamat pagi,... Dari pengaduan diatas maka dapat dijelaskan bahwa Tim Fas kab Malaka telah melakukan klarifikasi dengan FK/FT Kecamatan wewiku,.. bahwa Kegiatan PNPM Mpd Tahun anggaran 2013 didesa Lorotolus kec.wewiku adalah kegiatan Jalan yang mana pekerjaan tersebut melalui proses pelelangan dan dikerjakan oleh masyarakat, sudah selesai 100 % dan MDST( desa pertama MDST di Kec wewiku TA 2013 ).Sedangkan untuk kegiatan TA 2014 desa Lorotolus mendapatkan kegiatan Poskesdes dan baru identifikasi suplier ( belum pelelangan ).Demikian penjelasannya.Terima kasih dan Salam Sikompak
P-14-0000000349Web04-Apr-2014
PENYELEWENGAN DANA OLEH UPK TERJADI LAGI DI KECAMATAN TELAWANG Berawal saat UPK dan FK/FT ingin menyalurkan dana Tahap II untuk Desa Sebabi kegiatan Posyandu tanggal 24 Januari 2014, kemudian setelah di konfirmasikan ke Sdr Zarkani (Mantan ketua UPK Kecamatan Telawang yang telah di non aktifkan, terkait Daftar Calon Tetap Calon Legislatif), namun Sdr. Zarkani selalu menghindar dengan berbagai alasan. Kecurigaan FK/FT (A. Millianur dan Anwar Fauzi) muncul, kemudian karena merasa terpojok, Sdr Zarkani mengaku bahwa dana telah digunakan secara pribadi. Kemudian tindak lanjut terhadap Permasalahan yang muncul ini, adalah sebagai berikut : 1. Tanggal 4 Pebruari 2014, FK, FT, UPK dan Tim Satker melakukan investigasi, dan hasil investigasi Sdr Zarkani membenarkan telah menyelewengkan untuk kepentingan pribadi. Dan Sdr Zarkani telah membuat pernyataan, bahwa Sdr Zarkani akan menyelesaikan baik secara administrasi maupun dana-dana yang dikelola oleh UPK Kecamatan Telawang, sampai batas waktu tanggal 17 Pebruari 2014. 2. Tanggal 13 Pebruari 2014, FK,FT, UPK, Tim Faskab, Tim Satker, Sekcam, dan SP2M (Provinsi) menindaklanjuti investigasi, mengenai jumlah dana yang diselewengakan, dan Sdr. Zarkani dalam pernyataannya menerangkan, bahwa dana yang diselewengkan meliputi : Dana DOK PNPM-MPd sebesar Rp. 13.562.829,- Dana BLM PNPM-MPd sebesar Rp. 58.738.532,- Dana Operasional UPK sebesar Rp. 391.800,- Dana SPP PNPM-MPd sebesar Rp. 795.294.865,- Jumlah dana yang diselewengkan Rp. 867.988.026,- Seperti pada pernyataan sebelumnya, Sdr Zarkani meminta waktu, akan menyelesaikan pengembalian dana UPK selambat-lambatnya tanggal 20 Pebruari 2014. 3. Tanggal 18 Pebruari 2014 Sdr. Zarkani mengembalikan dana BLM dan DOK PNPM-MPd sebesar Rp. 72.693,200,-. Sampai batas waktu, yaitu tanggal 20 Pebruari 2014, Sdr Zarkani belum mengembalikan dana SPP PNPM-MPd. 4. Tanggal 12 Maret 2014, Melalui Rapat Internal, yang dihadiri FK, FT, UPK, Tim Faskab, Camat, dan BKAD menindaklanjuti agar BKAD segera untuk melaksanakan MAD Khusus untuk membahas penyelesaian penyelewengan dana yang terjadi di UPK Kecamatan Telawang. 5. Tanggal 17 Maret 2014, melalui Musyawarah Antar Desa ( MAD Khusus), BKAD segera untuk memanggil Sdr. Zarkani dengan 3 kali Kali Surat Panggilan ( Surat Panggilan I, tanggal 17 Maret 2014, Suarat Panggilan II, tanggal 20 Maret 2014, Surat Panggilan III, tanggal 22 Maret 2014). Jika Surat panggilan III, Sdr Zarkani tetap tidak mau dipanggil untuk menyelesaikan masalah, maka selanjutnya proses penyelesaian masalah akan diselesaikan secara hukum. 6. Tanggal 2 April 2014, BKAD membuat Surat Pengaduan untuk diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Sampit. Demikian kronologis penyelesaian masalah Penyelewengan Dana pada UPK Kecamatan Telawang oleh mantan Ketua UPK Kecamatan Telawang. Hormat kami, Pelapor FK/FT .
09-04-2014: Telah dilakukan proses tindak lanjut penanganan pengaduan sebagaimana uraian tersebut di atas. Pengaduan ini dinyatakan selesai dan selanjutnya dimasukkan sebagai masalah baru.
P-14-0000000350Web04-Apr-2014
Kepada Tim NMC PNPM mandiri Perdesaan, saya sarankan, hendaknya semua laporan yang masuk ke situs ini langsung ditindaklanjuti oleh tim, jangan ada pemberitahuan dulu ke Faskab, Satker dan FK/FT, karena menurut pantauan kami, setiap kali ada informasi laporan penyelewengan atau apa pun itu, unsur yang dilaporka telah siap pasang badan karena sudah ada pemberitahuan ke yang bersangkutan, bahkan pihak yang dilaporkan tersebut langsung menyiapkan pembelaan untuk mengantisipasi laporan tersebut, sehingga yang bersangkutan terbebas dari sanksi. Sekali lagi saya mohon kepada Tim NMC dan SP2M, supaya PNPM ini tetap menjadi program yang benar2 bersih dari penyelewengan... Salam Kompak.....!!!!!!
10-04-2014: Pengaduan dan permasalahan yang masuk diproses secara proporsional sesuai dengan mekanisme SOP Pengaduan dan Penanganan masalah di PNPM Mandiri Perdesaan yang dilakukan secara berjenjang. Klarifikasi dilakukan kepada pihak-pihak yang diadukan. Terima kasih buat sarannya harapan kami juga sama seperti yang bapak/ibu sampaikan. Salam Kompak..
P-14-0000000343SMS03-Apr-2014
saya hrap Ibu,Bapak PNPM bs mmbantu untuk menyelsaikn HOK saya pd tahun anggaran 2009 pembangunan fisik posyandu Kecamatan Rote selatan /Desa Daleholu pada HOK saya sebanyak : rp:7`500,000 = panjar : 4`500,000 yg blum atau sisanya sebanyak:rp 3`000,000 saya mohon bantuan dari Bapak /IBU PNPM terimaksi
07-04-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000332
P-14-0000000344SMS03-Apr-2014
Ass...wr,wb. pak nama saya isfariyanto asal aceh tengah, bulan maret 2014 kemarin saya ikut daftar rekruitmen faskab PPU yg di adakan PNPM Mandiri Aceh, untuk pegumuman yg ditrima lulus administrasi kira2 kapan ya pak?untuk pegumuman yg ditrima lulus administrasi kira2 kapan ya pak?
07-04-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000342
P-14-0000000347SMS03-Apr-2014
Oke terima kasih dari kami Rakom Suara Sanjaya fm.
07-04-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000346
P-14-0000000337SMS02-Apr-2014
Program : PMPM-MPd/PPK, Loksi: Kec Donggo (FK: Ikhsan), Kec. Ambalawi (FK: Abd Haris, FT: Taufik) ketiga plaku dipcat yg di Kec Donggo tdk ada surt, yg di Kec Ambalwi jlas2 ada surtx dg saksi Pak Abdurahim (skrg Fastekab KSB), Gun Arydi (Adwil), B Ria (TA Monev), saat itu Faskabx St Masita, Korprop M Rido Makruf
10-04-2014: Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan. Seluruh FK/FT yang diberhentikan pasti ada surat resmi dari satkerprov NTB, termasuk pemberhentian FK Donggo an. M. Ikhsan Salahuddin. Surat telah kami kirim kepada mantan FK Donggo melalui Tim Faskab Bima (Saat itu F-Kab Bima = Ibu Siti Masita.
P-14-0000000330SMS29-Mar-2014
Kpd bpk/ibu CHS laporan kami agar ditanggapi sangat serius tentang kinerja FASTEKAB kab.pdg.pariaman sumbar sbb: 1. Jarang kunjungan ke kecamatan 2. Tidak mampu menfasilitasi permasalahan teknis. 3. Tdk memiliki kapasitas sbg fastekab baik dibidang teknis maupun pemberdayaan Mohon ditindaklanjuti krn notabene yg bersangkutan org titipan yg kuat di program.
02-04-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000329
P-14-0000000332SMS29-Mar-2014
slmat malm maaf,sya ingin mingadukn HOK saya blm d bayar pd kegiatn PNPM tahun anggaran 2009 kegiatan Posyandu d Desa Daleholu Kecamatn Rote selatan mohon pengeluhan saya d terima
12-04-2014: Terima kasih atas Informasi dan pengaduanya. Sesuai dengan pengaduan yang di sampaikan kami telah melakukan konfirmasi ke Desa Daleholu dan menurut Laporan Fasilitator bahwa untuk HOK semua sudah terbayar dan apabila masih ada yang belum terbayar, maka setiap Forum Musyawarah Desa dari tahun 2010 s/d 2014 pasti sudah di sampaikan. Untuk itu saran kami tolong di sampaikan pada saat MD di desa Daleholu. Terima kasih.
P-14-0000000319SMS28-Mar-2014
kepada team penanganan masalah PNPM-MP,Kami warga Kec.Leuwisadeng kab.Bogor, melaporkan,bahwasanya FK kec.Leuwisadeng selalu ikut mengatur DOK/uang kgiatan PNPM,dan dia sdh menyimpang dr tupoksi nya sbagai Fasilitator. temuan kami d lapangan sbb : 1. FK Leuwisadeng (Sdri.Okeu Carlina) & UPK, megang dana Dan PNPM,dan dia sdh menyimpang dr tupoksi nya sbagai Fasilitator. temuan kami d lapangan sbb : 1. FK Leuwisadeng (Sdri.Okeu Carlina) & UPK, megang dana D
29-03-2014: masalah tersebut sedang ditindak lanjuti dengan melakukan identifikasi tentang laporan tesebut.
03-04-2014: Hasil Klarifikasi Tim Faskab dan Satker Kab Bogor kepada FK, FT, PJOK, UPK, TPK 8 desa tanggal 2 April 2014 : 1. a. Pembelanjaan untuk keperluan Dansos TIDAK di Pasar Tanah Abang, melainkan di Kementrian Agama Jl. Raya Puncak KM 65 Ciawi-Bogor, berupa Al Quran. Pembayaran melaui Transfer tunai melalui BNI 46 oleh Bendahara UPK. Al Quran diantar pada kamis 30 Januari 2014 jan 14.00 WIB oleh sucurity “ Suhartono” dan bagian gudang “ M. Zahdi dan diterima di UPK Leuwisadeng oleh Sekretaris UPK “ Yunengsih Purnamasari” b. Pemesanan Tas untuk Dansos dilakukan di Desa Babakan Sadeng- Leuwisadeng Bogor. Selasa. 3 Februari 2014 oleh Sdr Ulul Azmi (Ketua UPK) dab Sdri. Yunengsih Purnamasari (Sekretaris UPK) c. Jumat 7 Februari 2014 rapat koordinasi dengan pelaku PNPM tingkat kecamatan Leuwi Sadeng membahas pelaksanaan DANSOS. Disepakati bahwa : Scank koord : Yayan Darmayanti ; Konsumsi Nasi koord : Rifa Laila; Soundsystem : koord : Saepudin; Pemceramah koord : Ulul Azmi ; Tenda,kursi & panggung koord : Ulul Azmi dan Nova Minggu 9 Februari 2014. Tenda, kursi dan panggung terpasang dan dicek oleh Saepudin. Ace Firmansyah, Novasari. d. Senin 10 Februari 2014, Pesanan Tas datang, diterima oleh Novasari dan Yunenngsih Purnamasari e. Selasa 11 Februari 2014 kegiatan dansos dilaksanakan. 2. Pembelanjaan IPTW ke Tanah Abang, Jakarta, dilakukan oleh Novasari (bendahara UPK). Yunengsih (sekretaris UPK) minta didampingi oleh FK diantar dengan mobil yang dipesan oleh Ulul Azmi (ketua UPK) denag sopir sdr. Encep. 16 Januari 2014 Pembayaran untuk IPTW secara tunai melalui Jasa perbankan BNI Leuwiliang oleh Novasari (Bendahara UPK). Pada tanggal 17 Januari 2014 barang pesanan IPTW yang dipesan datang semua di UPK Leuwisadeng. 3. FK pernah menerima setoran( tidak sering), itupun dikarenakan dalam kondisi pengurus UPK sedang tidak dikantor (ke bank, Isitrahat, Sholat) dan yang ada di kantor FK. Kelompok SPP tidak mau menunggu pengurus UPK kareana rumah yang jauh dan terburu-buru. Setelah pengerus UPK datang/ada, maka dana tersebut diserahkan semua kepada pengurus UPK dan langsung dibukukannya. 4. Salah satu Tupoksi FK dalam Penjelasan V PTO 5.2.7 (h) Melakukan pengawasan dan verifikasi terhadap proses pencairan dan penggunaan dana PNPM Mandiri Perdesaan untuk dapat dipastikan penggunaannya secara terbuka dan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang sebenarnya. Sepertihalnya point 1 dan 2, bahwa pembayaran dilakukan oleh UPK dalam hal ini Bendahara UPK. TPDOK Leuwisadeng,masih sangat lemah dan dalam bimbingan FK, dengan membarikan tugas2 yang sederhana, diharapkan dengan aktif TPDOK akan menjadi baik Hal ini sangat dibutuhkan kesabaran dan waktu. 5. Masa jabatan pengurus UPK (ketua,Sekretaris, Bendahara) masih diatur oleh SOP UPK yaitu : Masa kerja pengurus Inti adalah 2 (dua) kali periode jabatan, satu periode jabatan adalah 36 bulan. Masa jabatan Bendara UPK memesuki tahun ke 6. Ketua UPK tahun ke 4 dan Sekretaris UPK menasuki tahun ke 1. Dalam MAD LPJ UPK tanggal 28 Januari 2014, Pengurus UPK ditetapkan kembali.
P-14-0000000320SMS28-Mar-2014
kepada team penanganan masalah PNPM-MP,Kami warga Kec.Leuwisadeng kab.Bogor, melaporkan,bahwasanya FK kec.Leuwisadeng selalu ikut mengatur DOK/uang kgiatan PNPM,dan dia sdh menyimpang dr tupoksi nya sbagai Fasilitator. temuan kami d lapangan sbb : 1. FK Leuwisadeng (Sdri.Okeu Carlina) & UPK, megang dana DANSOS UPK tahun anggaran 2013, dan membelanjakannya kebutuhan DANSOS d Ps.tanah abang Jkt. 2. FK membelanjakan hadiah IPTW dgn pengurus UPK. 3. FK sering ikut menerima setoran anggota klompok SPP d ruang operator. 4. Dana kegiatan & keuangan UPK Kec.Lw.sadeng d kendalikan oleh FK dan UPK. TPDOK UPK Leuwisadeng tdk berfungsi, krn stiap ada kgiatan, pengaturan dana d pegang dan d atur oleh FK & pengurus UPK. selanjutnya Kami mau nanya, apakah Masa kerja pengurus UPK (ketua,sekretaris & bendahara) boleh lebih dr 7 tahun...? Mohon kepada team penanganan masalah utk menindak lanjuti. Tembusan : 1. SATKER PNPM-MP Kab.Bogor 2. PASKAB PNPM-MP Kab.Bogor 3. PASTEKAB PNPM-MP Kab.Bogor 4. PASKEU PNPM-MP Kab.Bogor 5. CAMAT Leuwisadeng 6. PJOK Leuwisadeng 7. FT Leuwisadeng 8. UPK.adeng 8. UPK.
28-03-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000319
P-14-0000000321SMS28-Mar-2014
kepada team penanganan masalah PNPM-MP,Kami warga Kec.Leuwisadeng kab.Bogor, melaporkan,bahwasanya FK kec.Leuwisadeng selalu ikut mengatur DOK/uang kgiatan PNPM,dan dia sdh menyimpang dr tupoksi nya sbagai Fasilitator. temuan kami d lapangan sbb : 1. FK Leuwisadeng (Sdri.Okeu Carlina) & UPK, megang dana DANSOS UPK tahun anggaran 2013, dan membelanjakannya kebutuhan DANSOS d Ps.tanah abang Jkt. 2. FK membelanjakan hadiah IPTW dgn pengurus UPK. 3. FK seringsadeng tdk berfungsi, krn stiap ada kgiatan, pengaturan dana d pegang dan d atur oleh FK & pengurus UPK. selanjutnya Kami mau nanya, apakah Masa kerja pengurus UPK (ketua,sekretaris & bendahara) boleh lebih dr 7 tahun...? Mohon kepada team penanganan masalah utk menindak lanjuti. Tembusan : 1. SATKER PNPM-MP Kab.Bogor 2. PASKAB PNPM-MP Kab.Bogor 3. PASTEKAB PNPM-MP Kab.Bogor 4. PASKEU PNPM-MP Kab.Bogor 5. CAMAT Leuwisadeng 6. PJOK Leuwisadeng 7. FT Leuwisadeng 8. UPK.ANSOS UPK tahun anggaran 2013, dan membelanjakannya kebutuhan DANSOS d Ps.tanah abang Jkt. 2. FK membelanjakan hadiah IPTW dgn pengurus UPK. 3. FK sering-MP Kab.Bogor 2. PASKAB PNPM-MP Kab.Bogor 3. PASTEKAB PNPM-MP Kab.Bogor 4. PASKEU PNPM-MP Kab.Bogor 5. CAMAT Leuwisadeng 6. PJOK Leuwisadeng 7. FT Leuwis-MP Kab.Bogor 2. PASKAB PNPM-MP Kab.Bogor 3. PASTEKAB PNPM-MP Kab.Bogor 4. PASKEU PNPM-MP Kab.Bogor 5. CAMAT Leuwisadeng 6. PJOK Leuwisadeng 7. FT Leuwis
28-03-2014: Pengaduan ini terkait dengan pengaduan nomor P-14-0000000319
P-14-0000000323SMS28-Mar-2014
Slmt pg Pelaku PNPM-MP pusat. Slm hormat, kami dari BPD Desa Badarai kec. Wewiku kab. Malaka prop NTT. Menindaklanjuti pengaduan dr calon suplier. Bhw ; sistim pengadaan barang dan jasa di kec. Kami sgt tertutup dan brlaku tdk adil oleh FT dan tim lelang. Alasannya ; identifikasi tim trhdp calon supl brsifat pilih kasih pd hal calon yg diidentifikasi tdk memenuhi syarat sprti dlm PTO. Disinyalir Ada main zet antara caln supl dgn FT dan panitia lelang.sifat pilih kasih pd hal calon yg diidentifikasi tdk memenuhi syarat sprti dlm PTO. Disinyalir Ada main zet antara caln supl dgn FT dan panitia lelang.
05-04-2014: Selamat malam,... Berdasarkan pengaduan diatas maka Tim Fas Kab malaka telah melakukan klarifikasi antara FT,Kepala Desa, panitia lelang dan TPK pada tanggal 4 April 2014 bertempat dikantor Fas Kab dan hasilnya adalah panitia lelang telah melakukan identifikasi calon suplier sesuai dengan ketentuan di PTO.dan telah diverifikasi kelayakannya oleh Fas T Kab Malaka.( untuk calon suplier pekerjaan jalan ada 11 dan untuk pekerjaan pengadaan pakaian seragam siswa ada 7 .).Demikian penjelasan kami terima kasih dan salam Si Kompak
Data : 2896 | Halaman : 194